hecking++

Kenapa Kita Jatuh Cinta


Manusia terpanggil untuk jatuh cinta karena mempunyai bekal cetak biru psikologis, yang mencatat seluruh pengalaman yang telah dilewati dan informasi yang terkadang tidak disadari. Seperti ketakutan, kegelisahaan, kemampuan mengatasi masalah, dan pertahanan.


Guru Psikoterapi Hubungan Dr Henry Dicks seperti dikutip dari situs BBC menyebut hal itu sebagai unconscious fit atau kondisi yang tidak disadari.


Dengan kemampuan ini, setiap orang mampu men-scan cetak biru orang lain. Hasil scanning itu kemudian beradu dengan cetak biru miliknya.


Rasa tertarik lalu jatuh cinta bisa disebabkan oleh hasil scan yang mampu melengkapi dirinya, karena kesamaan pengalaman hidup atau justru menemukan perbedaan.


Dengan unconscious fit itu pula manusia mencari seseorang yang menjadi tempat belajar dan berkembang. Dalam hal ini pasangan ideal tergolong sulit ditemukan, namun terbuka cara untuk menciptakannya.


Ketertarikan satu manusia dengan pasangannya boleh jadi karena ketergantungan dan rasa percaya, seperti halnya hubungan orangtua dan anak. Keduanya memiliki rasa tidak aman, tergantung dan membutuhkan pasangannya untuk merawat dan memperhatikan.


Pada waktu-waktu tertentu kebutuhan ini muncul bergantian. Sehingga dua orang yang berpasangan itu bisa berperan sebagai orangtua dan anak secara bergantian.


Ada juga pasangan yang saling jatuh cinta karena masalah kekuasaan dan kontrol. Satu orang merasa sangat tidak aman jika dirinya menjadi subordinat.


Sehingga perilakunya menjadi bossy dan mengambil kendali atas segala macam urusan rumah tangga.


Sedangkan pasangannya adalah orang yang selalu merasa takut untuk diserahi tanggungjawab dan patuh atas segala aturan yang digariskan pasangan. Agak sulit diterima akan sehat jika pasangan seperti ini bisa bahagia. Namun jangan lupa keduanya dipertemukan oleh hasil scan cetak biru masing-masing.


Ada juga pasangan yang jatuh cinta karena tipe idola dan pengagum. Pasangan yang saling memuja seperti ini mempunyai semacam perjanjian yang tidak terucap untuk tetap mempertahankan permainan ini.


Pasangan yang jatuh cinta tipe babes in the wood termasuk yang beredar dimana-mana. Mereka adalah jenis yang selalu menggunakan pakaian dengan desain dan warna serasi, minat yang sama dan yang lebih penting lagi adalah membenci obyek yang sama.


Pasangan yang saling jatuh cinta ala kucing dan anjing, nyaris tidak bisa dipahami orang lain. Selalu beradu pendapat tetapi tida putus hubungan hanya sering menghindari kemesraan.


Sebagian besar pasangan tidak menyadari jenis hubungan yang dijalaninya sampai kemudian muncul suatu hal yang mengubahnya. Persoalan mulai muncul jika tidak mampu lagi berkomunikasi dan menyesuaikan diri dengan pola hubungan yang sedang berlangsung.

1 komentar:

a son a man from the southeast(ROGER T.J) mengatakan...

mantap de_____________________------------__________

Poskan Komentar