hecking++

CiriCara: Cara Mengingat Mimpi

Ciri-ciri: orang yang selalu suka lupa akan mimpinya

Cara: kira mengingat mimpi kita semalem

Mimpi itu bukanlah hal yang asing lagi untuk kita manusia. Kadang-kadang, sehabis bangun tidur, kita selalu berusaha mengingat-ingat, “tadi saya mimpi apa ya?”. Banyak orang bilang “Saya ga mimpi apa2″. Siapa bilang kamu itu ga mimpi apa2?

Mimpi itu sebenernya semua bayangan, pikiran, dan emosi yang kamu alami selama tidur. Mimpi itu bisa bener2 nyata ato bener2 samar-samar; bisa juga penuh dengan gambar2 yang menyenangkan maupun mimpi buruk yang kamu ga bisa lupain seumur hidup; ada juga yang jelas dan gampang dimengerti, ada juga yang bener2 membingungkan dan tidak masuk akal.

Jadi, selama kalian tidur, sebenernya semua bayangan, pikiran, dan emosi tidak begitu saja berhenti. Semua itu tetep jalan, tapi memang banyak orang tidak mengingat mimpinya.

Kenapa sih kita mimpi? Banyak teori2 yang udah muncul tapi belom ada satu kesepakatan kenapa kita mimpi. Ada yang bilang kalo mimpi itu sebenernya penting untuk mental, emosi, dan fisik kita. Mimpi bisa mengurangi stress, membantu regenerasi sel2 tubuh, dan membantu mengatasi trauma2.

Kalo kalian pada mau berusaha inget2 lagi mimpi kamu, coba deh tips2 berikut:

1. Siapkan alat perekam ato catatan dengan pena di samping tempat tidur. Usahakan untuk merekam segalanya yang kamu ingat tentang mimpi kamu secepatnya setelah kamu bangun tidur. Biasanya otak kamu bakalan lebih inget lebih detail soal mimpi kamu.

Ini adalah contoh diary mimpi:

contoh diary mimpi

Jika kamu masih belom bisa mengingat mimpi kamu pada hari pertama, jangan kuatir! Coba lagi di hari ke-2, ke-3, dan seterusnya. Memang melatih diri sendiri untuk mengingat mimpi itu tidak mudah. Setiap hari, pasti kamu bakalan inget makin banyak hal di dalem mimpi kamu.

2. Memang agak susah untuk mengingat hal-hal yang spesifik dari mimpi kamu. Jadi, pertama-tama kamu bisa melatih otak kamu untuk mengingat perasaan di saat mimpi. Kalo anda mimpi buruk, kebanyakan orang pasti ingat akan perasaan cemas, ketakutan, dan seringkali kamu bakalan terbangun dari mimpi buruk itu. Nah, mulailah dari mengingat perasaan kamu saat kamu bangun.

3. Setelah kamu udah bisa ingat perasaan ato keseluruhan dari mimpi kamu. Cobalah konsentrasi untuk mengingat hal-hal yang spesifik di dalem mimpi kamu. Contohnya, warna objek2 yang ada di dalem mimpi. Bahasa apakah yang dipake oleh orang-orang di dalem mimpi kamu. Bentuk2 objeknya; ada yang bunder, kotak, dsb.

4. Selain mengingat mimpi, ada yang bilang sebenernya manusia itu bisa mengontrol mimpi mereka sendiri. Kenapa tidak? Ya sebenernya mimpi itu memang berasal dari otak kita sendiri dan perasaan kita sendiri. Guru saya waktu di sekolah pernah mengatakan kalo dia dulu pernah bermimpi buruk terus-terusan. Dia selalu mimpi kalo dia digorok lehernya oleh perampok di lorong yang gelap. Dia lalu mengatakan kalo dia berusaha keras untuk mengubah mimpinya. Akhirnya dia berhasil mengubah mimpinya pada hari ke-4.

Cobalah tips di atas jika kalian ingin mengingat-ingat mimpi kamu.

0 komentar:

Poskan Komentar