hecking++

Apa sih komputer ?

Pada koran singgalang terbitan tanggal 14 Januari 2007, saya membaca informasi bahwa akan dibuka rubrik baru untuk konsultasi komputer, saya sangat senang sekali dengan kehadiran rubrik tersebut karena akan sangat membantu saya yang masih awam sekali dengan dunia komputer, apalagi sekarang tugas-tugas belajar disekolah semuanya menuntut saya untuk selalu berhubungan dengan komputer.

Saya ingin menanyakan beberapa hal yang mendasar tentang komputer ?
1. Apa sih sebenarnya komputer itu ?
2. Apa itu virus komputer, dan kenapa sebuah komputer bisa kena virus ?
3. Mohon jelaskan juga ya Pak, tentang internet ?
Atas bantuan dan informasi dari bapak saya ucapkan terima kasih.
(andika???@yahoo.com)
Salam TI juga andika !
Syukur ahamdulillah semoga rubrik ini tidak saja bermanfaat bagi Andika, namun juga buat pembaca singgalang semuanya. Saya akan coba jawab pertanyaannya :
1. Kata komputer awalnya dulu berasal dari bahasa latin computare yang berarti alat hitung, sehingga dulu, apapun saja alat yang bisa melakukan proses hitung menghitung disebut komputer, seperti kalkulator. Namun sekarang paradigmanya sudah mulai bergeser dan para ahli juga telah memberikan berbagai definisi sehubungan dengan komputer. Namun pada prinsipnya, yang dikatakan komputer adalah seperangkat alat yang mampu melakukan empat hal : a. Menerima Input b. Melakukan Proses c. Ada Output dan d. Menyimpan data.

Untuk melakukan input data, sebuah komputer membutuhkan seperangkat alat (input device) diantaranya yang paling banyak kita jumpai adalah keyboard dan mouse, namun masih banyak lagi, seperti touch screen (layar sentuh, beberapa ATM telah menggunakan teknologi), voice recognition, finger print (sidik jari) , barcode reader (alat untuk membaca kode batang yang sering kita jumpai pada kasir di supermarket) dan lain-lain.

Untuk melakukan Proses, komputer membutuhkan alat yang disebut Prosesor. Prosesor adalah otak dari komputer, karena dialah yang berfungsi mengolah semua data yang diinput. Prosesor komputer yang cukup banyak dikenal saat ini adalah prosesor buatan Intel (Pentium I, II, III, IV, Centrino) dan AMD (duron, athlon, dll). Semakin tinggi versi prosesor yang digunakan semakin bagus komputernya.

Hasil proses dari prosesor kemudian dikeluarkan (output), sebagai suatu informasi, media untuk ini dapat berupa monitor, printer, speaker.

Terakhir, segala proses di komputer dapat disimpan kedalam media penyimpanan sehingga dapat digunakan di lain waktu. Untuk menyimpan data kita dapat menggunakan disket, harddisk, flash disk, SD (secure digital), CD, DVD, dll.

Jika andika ingin tahu lebih banyak lagi, silahkan download di web saya http://ephi.polinpdg.ac.id masuk ke menu Download.

2. ya..komputer layaknya manusia, ternyata juga kena virus, dan virusnya juga aneh-aneh namanya, ada virus flu burung, brontok, myheart dan lain sebagainya.
Virus sebenarnya tidak lain adalah suatu program komputer yang dapat menyebar pada komputer atau jaringan dengan cara membuat copy dari dirinya sendiri tanpa sepengetahuan dari pengguna komputer tersebut. Dikatakan virus karena program tersebut bersifat merusak, baik merusak data, system komputer, maupun hardware (walau yang ini sangat jarang terjadi).

Sampai saat ini sangat baragam sekali model virus, sehingga membuat kita harus selalu berhati-hati. Virus dapat berpindah dari satu komputer ke komputer lain, melalui media :
• Internet
• Disket, flashdisk, dan media penyimpanan lainnya.
• Jaringan

Agar komputer kita selalu aman dari virus, sebaiknya di install software antivirus, seperti Norton, McAfee, Norman, jika ingin software antivirus yang gratis, anda dapat menggunakan :
• AVG download di free.grisoft.com
• Antivir download di www.free-av.com
• Avast download di www.avast.com/
• Clamwin download di www.clamwin.com

Karena pertumbuhan virus hampir setiap hari, jadi sebaiknya anda selalu mengupdate Software antivirus yang digunakan, minimal satu minggu sekali.

3. Internet berasal dari kata INTERconnected NETwork dan ada juga yang menyebutkan singkatan dari INTERnational NETwork. Secara prinsip maksudnya sama, yaitu sebuah teknologi yang menghubungkan seluruh komputer yang ada di dunia. Sehingga kita bisa saling berbagi data, kirim email, chatting, dan lain-lain tanpa di batasi oleh jarak dan waktu. Agar komputer kita bisa terhubungan dengan internet, kita harus terhubung kesebuah Internet Service Provider (perusahaan yang menyediakan jasa layanan internet) kemudian memilih jenis layanan koneksi., diantaranya :
• Dialup
• W-LAN
• Satelite
• Dan lain-lain.

0 komentar:

Posting Komentar