hecking++

Alasan mengapa CPU lebih cepat membaca data dari RAM dari pada data di Hardisk

Dalam bekerja dengan komputer kita banyak sekali menemui masalah yang tentu saja membuat kerja kita lambat, masalah tersebut dapat berupa hardware kita yang tidak dapat bekerja dengan maksimal atau malah tidak bisa bekerja sama sekali. Orang yang awam dengan masalah hardware seringkali menjadi bingung dan tidak tahu harus berbuat apa untuk menangani masalahnya sendiri dengan ini Agus Ambara akan sedikit merangkum,merumuskan masalah dan memberi solusi untuk penangannan agar pembaca dapat mengambil langkah yang tepat dalam perbaikan komputernya. Rangkuman ini hanya bersifat ringan dan tentu saja tida terlalu lengkap merangkum semua kerusakan yang mengkin terjadi pada komputer anda.


Komputer anda tidak bisa display atau muncul gambar dan suara ti……t dengan suara panjang : Penangannannya adalah dengan mengecek VGA (video grafik adapter) jika anda menggunakan VGA diluar dari mainboard maka langkah yang harus anda ambil adalah membukanya dan membersikan dengan kuas, debu yang menempel pada bodi,kaki,dan slot VGA tersebut. Ada baiknya jika anda menggosokkan penghapus pada kaki VGA untuk lebih menjamin VGA itu bersih dari debu karena VGA sangat sensitif dengan debu sedikit saja debu yang masuk maka akan mengganggu kinerja VGA anda. Bila anda sudah melakukan langkah tersebut dan masih saja ada masalah anda sebaiknya mengganti VGA, jika dalam komputer anda dilengkapi dengan fasilitas VGA onboard maka yang anda harus lakukan adalah memindahkan kabel monitor display pada VGA yang di luar mainboard dengan dengan VGA mainboard,jika tidak bisa display/muncul gambar maka sebaiknya anda meminjam monitor teman untuk mengatur setingan BIOS untuk mengatur VGA onboard anda. Mengapa tidak bisa onboard karena resolusi VGA ad-on lebih tinggi kualitas gambarnya daripada VGA onboard sehingga setingan monitor anda tidak mampu menditeksi gambar yang lebih besar resolusinya. Caranya menseting di BIOS adalah seting pada slot PCI dengan men disable VGA ad-on nya.

Komputer anda tidak bisa display atau muncul gambar dan suara tit..tit..ti..t : Penangannya adalah dengan anda mengecek memory RAM (random accsess memory pada komputer anda langkah penanganannya sama seperti yang diatas. Jika masih terjadi hal yang demikian sebaiknya anda melepas memori dan mengganti dengan yang baru,jika di koputer anda terisi dua RAM (dual chanel) maka anda tidak harus langsung menggantinya anda dapat memakai satu RAM komputer anda tidak apa-apa hanya lebih lambat saja dalam proses kerjanya.

Ada baiknnya anda mengetahui tentang cara kerja dan fungsi masing-masing hardware yang ada dalam komputer. Hardware yang ada dalam komputer adalah suatu susunan perangkat elektronik yang mengubah data atau input dari user/pengguna dan mengeksekusinya melalui bantuan software atau sistem operasi. Hardware yang ada dalam komputer anda diantaranya adalah :

1. PROCESSOR

The Processor atau CPU (Central Processing Unit) adalah otak dari komputer. Ketika Anda mengetikkan sesuatu di Word, misalnya, itu masuk ke dalam Random Access Memory (RAM). CPU akan melihatnya dan memutuskan apakah perlu untuk mengirim instruksi ke bagian lain dari komputer. Ini kemudian memberikan berbagai tugas bagian-bagian yang sesuai, dan apa yang baru saja diketik muncul pada layar Anda. Sebuah prosesor dinilai oleh para "clock speed" (GHz atau gigahertz), yang menunjukkan berapa banyak instruksi per detik itu bisa menangani.

Processor Contoh:

Intel Core 2 Duo Processor T8300 (2. 4 GHz/800MHz FSB, 3MB Cache).


Prosesor ini dapat mengelola 2. 4 milyar instruksi per detik; informasi berjalan pada 800 juta siklus per detik (MHz atau megahertz) antara processor dan Random Access Memory (RAM) ( "bus speed") di sepanjang "Front Side Bus" (FSB), yang adalah sebuah "jalan" di dalam komputer sepanjang informasi yang bepergian, tetapi dapat menyimpan 3MB (Mega Bytes) informasi dalam cache, yang merupakan memori berkecepatan tinggi di mana yang paling terakhir diakses data dan informasi disimpan untuk proses lebih cepat.

Secara umum, lebih GHz adalah lebih baik, tetapi jika Anda menggunakan laptop Anda hanya untuk pengolah kata, email dan internet, biasanya Anda tidak perlu meng-upgrade GHz maksimum yang ditawarkan. Hal yang sama berlaku bagi MHz, tapi ingat bahwa mereka bekerja sama, jadi jika Anda memiliki sangat cepat bus (= lebih MHz), anda juga perlu cepat CPU (# GHz) agar komputer Anda bekerja lebih cepat. Jika Anda dapat memilih hanya satu hal untuk meng-upgrade ketika datang ke CPU, pergi dengan lebih GHz.

2. FSB Prosesor (Front Side Bus)

Adalah lebar jalur pengiriman dan pengambilan data,FSB pada prosesor ditandai dengan "Pc" misalnya Intel pentium III Pc-133 berarti dalam satu kali pengiriman prosesor itu mampu mengirim data (dalam bit) sebanyak 133 juta. Bus prosesor sebaiknya sama dengan Bus pada mainboard agar diperoleh kerja PC yang optimal.

3. CPU


Fungsi utama CPU adalah menjalankan program-program yang disimpan di memori utama. Hal ini dilakukan dengan cara mengambil instruksi-instruksi dari memori utama dan mengeksekusinya satu persatu sesuai dengan alur perintah. Pekerjaan ini dilakukan dalam dua tahapan yaitu membaca instruksi (fetch) dan melaksanakan instruksi tersebut (execute). Proses membaca dan melaksankan ini dilakukan berulang-ulang sampai semua instruksi yang terdapat di memori utama dijalankan atau komputer dimatikan. Proses ini dikenal juga sebagai siklus fetch-eksekusi.

Siklus fetch-eksekusi bisa dijelaskan sebagai berikut:

1. di awal setiap siklus, CPU akan membaca dari memori utama,
2. sebuah register, yang disebut Program Counter (PC), akan mengawasi dan menghitung instruksi selanjutnya,
3. ketika CPU membaca sebuah instruksi, Program Counter akan menambah satu hitungannya,
4. lalu instruksi-instruksi yang dibaca tersebut akan dimuat dalam suatu register yang disebut register instruksi (IR), dan akhirnya
5. CPU akan melakukan interpretasi terhadap instruksi yang disimpan dalam bentuk kode binari, dan melakukan aksi yang sesuai dengan instruksi tersebut.

4. RAM

Ketika orang berbicara tentang memori komputer, RAM biasanya mengacu pada mereka. RAM, atau Random Access Memory, fungsi seperti memegang sementara tempat dan hanya aktif bila komputer Anda diaktifkan. Semua informasi yang dimasukkan ke dalam komputer masuk ke RAM sebelum diproses oleh CPU. Program Anda sedang bekerja di juga disimpan dalam RAM (misalnya, Anda tidak perlu untuk memulai Word lagi setiap kali Anda kembali ke program, itu ada di sana dan menunggu untuk Anda, kecuali jika Anda menutup itu).


Contoh RAM


3GB Shared Dual Channel DDR2 SDRAM at 667MHz.

The 3GB berarti bahwa ia memiliki total 3GB memori; "Bersama" berarti saham memori dengan kartu grafis. Ini bagus untuk word processing, browsing internet dan email, tapi akan memperlambat komputer Anda bawah jika Anda, misalnya, bermain online game, merekam musik atau mengedit video (jika anda memiliki kartu grafis yang terpisah, ini tidak akan terjadi). "Dual Channel" berarti bahwa memori sudah ditransfer ke CPU menggunakan 2 saluran, yang membuatnya lebih cepat. DDR2 SDRAM adalah nama dan jenis memori, dan MHz memberitahu Anda seberapa cepat memori perjalanan (dalam hal ini 667 million siklus per detik). Jika Anda ingin komputer anda bekerja cepat, ini adalah di mana Anda perlu untuk menghabiskan uang, lebih banyak dan lebih cepat RAM (yaitu lebih GB dan MHz).

Fungsi RAM ( Random Access Memory)
Yang disebut memory pada PC, sebetulnya mengacu pada RAM (Random Access Memory). Sebuah komputer membutuhkan RAM untuk menyimpan data dan instruksi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah perintah (task). Data ataupun instruksi yang tersedia pada RAM memungkinkan processor atau CPU (Central Processing Unit) untuk mengaksesnya dengan cepat.

Saat CPU membuka sebuah program aplikasi dari harddisk-seperti word processing, spreadsheet, ataupun game-ia akan me-loading-nya ke memory. Hal ini memungkinkan aplikasi bekerja lebih cepat dibandingkan harus mengakses langsung ke harddisk yang memang jauh lebih lambat.

Sebab harddisk memang bertugas sebagai storage data, bukan sebagai memory. Dengan mengakses data ataupun aplikasi yang tersedia di RAM, mempercepat PC Anda dalam menyelesaikan tugasnya.

Analogi sederhana untuk mengerti hal ini, lebih mudah jika mengambil pada kegiatan nyata dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya pada lingkungan kerja. Di mana ada meja kerja, dan sebuah lemari arsip. Lemari arsip dapat diandaikan layaknya harddisk, di mana tersedia berkas-berkas dan informasi yang dibutuhkan. Saat mulai bekerja, berkas-berkas informasi akan dikeluarkan dari dalam lemari ke meja kerja. Ini untuk memudahkan dan mempercepat akses ke informasi yang dibutuhkan. Maka, meja kerja dapat dianalogikan sebagai memory pada PC.

Dengan analogi sederhana tersebut, tentunya Anda sudah dapat membayangkan perbedaan kecepatan akses, antara memory dan harddisk. Juga sudah terbayang, pentingnya ketersediaan jumlah RAM yang mencukupi untuk dapat melayani data dan informasi yang dibutuhkan oleh CPU.

5. Harddisk

Alat ini merupakan tempat menyimpan data pada CPU. Jika hardisk dibuka, maka di dalamnya terlihat piringan logam sebagai tempat menulis data. Kecepatan putarannya bervariasi. Ada yang 5400 putaran per menit bahkan ada yang sampai 7200 putaran per menit. Kemampuan sebuah hardisk biasanya ditentukan oleh banyaknya data yang bisa disimpan. Besarnya bervariasi, ada yang 1,2 Gigabyte (GB) hingga 80 GB. Satu GB sama dengan 1000 Megabyte, sedangkan 1 Megabyte sama dengan 1000 Kilobyte. Sangat besar kan ? Kita bisa menyimpan semua data kita pada hardisk ini.

FUNGSI HARDDISK


* Harddisk merupakan ruang simpan utama dalam sebuah computer. Di situlah seluruh sistem operasi dan mekanisme kerja kantor dijalankan, setiap data dan informasi disimpan.
* Dalam sebongkah harddisk, terdapat berbagai macam ruangruang kecil (direktori, folder, subdirektori, subfolder), yang masing-masing dikelompokkan berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Di situlah data-data diletakkan.
* Ruang kecil dalam harddisk bekerja dalam logika saling tergantung (interdependent). Data/informasi dalam satu ruang kadangkala diperlukan untuk menggerakkan data/ informasi yang berada di ruang lain. Ada ruang di mana data di dalamnya tidak boleh diutak-atik atau dipindahkan ke tempat lain, ada ruang di mana kita bisa membuang dan menaruh data secara bergantian sesuai kebutuhan.
* Harddisk terdiri atas beberapa komponen penting. Komponen utamanya adalah pelat (platter) yang berfungsi sebagai penyimpan data. Pelat ini adalah suatu cakram padat yang berbentuk bulat datar, kedua sisi permukaannya dilapisi dengan material khusus sehingga memiliki pola-pola magnetis. Pelat ini ditempatkan dalam suatu poros yang disebut spindle.

6. CHACE MEMORY

Adalah tempat atau media penyimpanan sementara data atau informasi yang sering digunakan oleh komputer. Cache memory dibagi menjadi level 1 dan level 2 (L1,L2) dalam cache memory dibagi menjadi 2 yaitu lokalitas yaitu lokalitas temporal dan lokalitas spasial, lokalitas temporal digunakan untuk menggunakan data atau instruksi dengan berulang-ulang,sedangkan lokalitas spasial digunakan
untuk program-program yang membutuhkan pengaksesan secara berurutan.
Prosesor yang menjalankan perintah eksekusi akan mencari dan mengumpulkan sejumlah informasi dari chace L1 terlebih dahulu,secara teknis proses ini dinamakan ( HIT ). Jika informasi tersedia di chace L1 maka prosesor akan langsung mengeksekusinya tanpa ada jeda waktu, jIka tidak ditemukan di chace L1 maka prosesor akan melanjutkan mencarinya di chace L2 proses ini tentu saja akan menambah waktu kerja prosesor itu.
Chace memory L1 berada paling dekat dengan inti (core) prosesor da ukurannya lebih kecil daripada chace memory L2. Dalam inti prosesor juga terdapat chace controller yang berfungsi sebagai pengaturan lalu lintas pengaksesan data atau program. Sementara itu chace L2 terdiri dari 2 komponen utama diantaranya adalah:
TAG RAM berfungsi untuk menjaga dan mengatur perletakan data dalam chace memory.DATA STORAGE berfungsi untuk menjaga aktualitas data dalam chace memory.

0 komentar:

Poskan Komentar